KONTRIBUSI PELAKSANAAN KARYAWISATA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X/IIS SMA NEGERI 6 PALANGKA RAYA

  • Dedy Norsandi Pendidikan Geografi, Universitas PGRI Palangka Raya
Keywords: Kontribusi, Karyawisata, Hasil Belajar, Geografi

Abstract

Dalam mata pelajaran geografi di sekolah-sekolah, tujuan dari pengajaran geografi tidak akan tercapai apabila siswa hanya mendengarkan ceramah dari guru di dalam kelas, namun akan lebih mengena dan berkesan dalam benak siswa apabila mereka langsung berhadapan pada permasalahan praktis di sekelilingnya. Hal ini sesuai dengan studi analisa geografi yang meliputi analisis gejala manusia dengan gejala alam, analisa penyebaran, interelasinya dan interaksinya dalam ruang.Salah satu bentuk belajar mengajar yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut yaitu dengan belajar mengajar di luar kelas, salah satunya melalui kegiatan karyawisata.Kegiatan karyawisata dapat mengarahkan siswa untuk mencocokkan hal-hal yang mereka peroleh di dalam kelas dengan kenyataan di masyarakat maupun pada kenyataan di lingkungan sekitarnya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahuipeningkatan aktivitas pembelajaran siswa dengan menggunakan metode karya wisata sebagai metode pembelajaran geografi. 2) untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar geografi setelah menggunakan metode karya wisata. Metode penelitian menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X/IIS SMAN 6 Palangka Raya tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 35 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap siklus I aktivitas belajar siswa rata-rata hasil pengamatan aktivitas yaitu 70,15% dan siklus II rata-rata hasil pengamatan aktivitas meningkat menjadi 96,51% terdapat peningkatan 26,36%. Hasil belajar siswa yang didapat dari penilaian hasil post-test siswa pada siklus I dengan hasil persentasenya 64,0% dan pada siklus II meningkat menjadi 97,5% yang terdapat peningkatan 33,5% dari kedua siklus tersebut. Hasil belajar menggunakan rumus N-Gain pada siklus I adalah 0,41 (sedang) dan siklus II 0,75 (tinggi). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas X/IIS SMAN 6 Palangka Raya pada saat pembelajaran geografi dengan menggunakan metode karya wisata lebih aktif.Ada peningkatan minat dan hasil belajar geografi siswa setelah menggunakan metode karya wisata

Published
2022-09-29