IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DALAM NOVEL LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA BAGI SISWA SMAN 5 MUARA TEWEH
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pendidikan karakter pada indikator peduli lingkungan bagi siswa kelas X IPS1 SMAN 5 Muara Teweh melalui novel “Laskar Pelangi” karya Andrea Hirata yang diajarkan pada pelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan quasi experimental dengan bentuk one group pretest-posttest. Dalam desain ini hanya dibutuhkan satu kelompok sebagai kelompok eksperimen. Kelompok ini diberi pretest sebelum mendapat perlakuan dengan model pembelajaran kontekstual. Setelah mendapat perlakuan, kelompok diberi posttest agar dapat melihat perbedaan dari penilaian sebelumnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan nilai karakter siswa kelas X SMAN 5 Muara Teweh pada indikator peduli lingkungan. pembelajaran dengan model pembelajaran kontekstual dapat membentuk karakter peduli lingkungan melalui proses mendapatkan pengalaman dan melakukan perenungan. Proses tersebut mampu memberi pengetahuan dan kepedulian terhadap lingkungan, sehingga peserta didik mampu membentuk karakter peduli lingkungan. Rendahnya peningkatan karakter peduli lingkungan peserta didik dikarenakan pemahaman konsep peserta didik belum mencapai kkm yang secara tidak langsung mempengaruhi rendahnya perkembangan karakter peduli lingkungan.